5 cm

Posted: May 18, 2008 in book
Tags: , , ,

5 cm

Judul : 5 cm

Penulis : Donny Dhirgantono

Penerbit : PT. Grasindo

Tahun Terbit : Mei 2005

Tebal : x + 381 halaman

Entah apa maksud dari sampul buku ini yang hitam, dengan hanya sedikit putih yang tergores, “5 cm” juga terukir nama “Donny Dhirgantono” di bawahnya. “Don’t judge the book with the cover!”, itulah kalimat yan tepat menggambarkan isi buku ini dibalik kesederhanaan covernya.

Power Rangger”, begitu mereka pantas disebut. Lima orang insan manusia yang saling memiliki ikatan batin yakni : Arial, Riani, Zafran, Ian, dan sang leader Genta. Mereka memiliki keunikan masing-masing hingga mereka menganggap perbedaan sebagai kekayaan mereka. Genta yang berjiwa pemimpin, Ian yang berbadan bengkak dan senang menghibur, Zafran sang penyair, Riani yang memiliki karisma tinggi, dan Arial yang berbadan atletis sang penenang.

Kegemaran mereka berlima adalah mengeksekusi hal-hal yang tidak mungkin dan mencoba segala hal, mulai dari cafe paling terkenal di Jakarta, sampai nonton layar tancap. Semuanya penggemar film, dari film Hollywood sampai film yang enggak berkelas –kecuali film India karena mereka punya prinsip bahwa semua persoalan di dunia atau masalah pasti ada jalan keluarnya, tapi bukan dalam bentuk joget.

Suatu saat, karena terdorong oleh rasa bosan di antara satu dan yang lain, mereka memutuskan untuk tidak saling berkominikasi dan bertemu satu sama lain selama tiga bulan. Selama tiga bulan berpisah itulah telah terjadi banyak hal yang membuat hati mereka lebih kaya dari sebelumnya.

Pertemuan setelah tiga bulan yang penuh dengan rasa kangen akhirnya terjadi dan dirayakan dengan sebuah perjalanan. Sebuah perjalanan yang penuh dengan keyakinan, mimpi, cita-cita, dan cinta. Sebuah perjalanan yang telah mengubah mereka menjadi manusia seutuhnya, bukan Cuma seonggok daging yang bisa berbicara, berjalan, dan punya nama.

Novel ini mengemas semangat nasionalisme dan patriotisme yang disampaikan menarik dengan bahasa yang mudah dimengerti (cocok untuk anak muda). Semangat pun bisa mudah terbakar ketika menyelami buku ini. Selain itu, misteri tentang perasaan cinta pun tak lupa menambah manis kisah ini. Hingga “mencintai tidak berarti harus memiliki” ditegaskan dalam kisahnya. Untuk para pembaca yang kurang tertarik pada musik atau tidak mengikuti perkembangan film, agaknya sulit memahami lirik dan potongan plot film tertentu yang ikut menghiasi novel ini.

“Setiap kamu punya mimpi atau keinginan atau cita-cita, kamu taruh di sini, di depan kening kamu… jangan menempel. Biarkan dia menggantung… mengambang… 5 centimeter… di depan kamu… jadi dia ngak akan pernah lepas dari mata kamu…”

Comments
  1. sulis says:

    2 jempol deh ni buku

    mahameruuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu…
    mw ke sana!!!!!!!!!!!!!!!!

  2. emang buku ini keren banget.
    a must read lah.
    sumpah, bener ! hha

  3. fie says:

    seruuuu buanget…………
    subhanallah,low boleh tau,terinspirasi dari apa?

  4. dhilamdr says:

    bagus sih,,,tpi nampak endingnya maksa tu,,ko jadi pada kawin2an ya??

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s