Ketika Cinta Bertasbih

Posted: April 5, 2008 in book
Tags: ,

Ketika Cinta Bertasbih episode 1 dan 2

 Penulis                : Habiburrahman El Shirazy

Penerbit              : Penerbit Republika

Tebal                   : Episode 1 : 477 halaman

                              Episode 2 : 412 halaman

Tahun Terbit        : 2007

Setelah sukses dengan karya fenomenal “Ayat-ayat Cinta” (2004), Kang Abik – nama akrab Habiburrahman El Shirazy – meluncurkan novel-novel lain yang bernuansa sama, yaitu cinta yang islami. Adalah “Ketika Cinta Bertasbih” karya yang tak kalah fantastis. Novel ini terdiri dari 2 episode, yaitu episode 1 yang bersetting tempat di Mesir dan episode lain dengan setting tempat di Indonesia.

Khairul Azzam namananya, tokoh utama dalam novel “Ketika Cinta Bertasbih” ini adalah seorang mahasiswa Al-Azhar University berkebangsaan Indonesia. Sudah 9 tahun lamanya menetap di bumi para nabi, namun dia belum juga menyelesaikan S1-nya.

Sebenarnya dalam waktu 4 tahun atau 3 tahun sekalipun, Azzam bisa lulus dan pulang ke tanah air. Satu alasan yang melumpuhkan idealismenya adalah karena dia ingin menghidupi keluarganya di Indonesia. Setelah ayahnya meninggal tepat satu tahun dirinya meninggalkan tanah air, Azzam menjadi tulang pungggung keluarga. Dengan keahliannya membuat tempe dan bakso, Azzam kuliah sambil berbisnis (atau berbisnis sambil kuliah). Dia sengaja menunda masa kelulusannya agar izin tinggalnya di Mesir bisa dia manfaatkan demi menghidupi Ibu dan 3 orang adiknya di tanah air.

Adalah Anna Althafunnisa, gadis cerdas yang sedang melanjutkan S2 di Cairo University, pujaan Azzam. Dia pernah mencoba melamarnya, namun lamaran itu ditolak oleh walinya di mesir karena telah dilamar terlebih dahulu oleh sahabat dekatnya, Furqon. Dia hanya bisa pasrah kepada Allah. Dia sadar akan dirinya yang belum juga lulus S1, dibanding temannya Furqon yang sekarang tengah menyelesaikan S2.

Setelah sembilan tahun di Mesir, Azzam pulang ke Indonesia dengan menyandang gelar Lc. di belakang namanya. Ibu Nafisah,ibunda Azzam.  Ayatul Husna, asisten dosen psikologi di UNS yang mengisi rubrik psikologi remaja di Radio JPMI Solo juga penulis berprestasi. Lia Humaira, jebolan D3 PGSD yang sekarang mengajar di SDIT All-Kautsar juga mahasiswa S1 STAIN Surakarta. Serta Sarah kecil yang sekarang sekolah di Pesantren Al-Qur’an. Mereka bahagia menyambut kedatangan kakaknya, kakak yang telah membesarkan mereka hingga perpendidikan tinggi, mengorbankan studi demi Ibu dan adik-adiknya.

Jodoh memang ditangan Allah. Itulah salah satu mutiara hikmah yang dapat diambil dari novel ini. Apa yang kita pandang benar, belum tentu Allah berkata sama. Manusia hanya bisa merencanakan dan berikhtiar sekuat tenaga, namun Allah-lah yang menentukan semuanya. Anna Althafunnisa boleh jadi dilamar dan menikah dengan Furqon, namun Azzam lah yang terbaik untuk Anna.

Novel yang sarat akan hikmah. Hikmah tentang pencarian jodoh dan ikhtiar, juga hikmah dalam berbisnis yang Rasulullah contohkan dalam riwayatnya. Berbeda dengan novel adikarya “Ayat-ayat Cinta”, dalam novel ini Kang Abik memakai sudut pandang sebagai orang di luar cerita, membuat alur semakin panjang. Ada kalanya bosan, namun bosan itu hilang setelah emosi pembaca dipermainkan. Belum puas dengan rasa bangga dan haru, rasa sedih datang memaksa pembaca menghapus tetesan air mata yang tak sadar keluar. Setelah membaca novel ini, pembaca akan berkata lirih dalam hati, “Ya Allah pertemukanlah aku dengan jodoh pilihan-Mu!”.

Comments
  1. danang says:

    ada softcopy-nya G??

  2. everythingisposible says:

    soft copy-nya aku simpen di side bar BOX FILE sebelah kanan!!
    buat yang mau copy,
    patuhin ketentuannya yaph

  3. endang says:

    cuma sinopis ya gak ada versi lengkapnyatks

  4. everythingisposible says:

    Ya,kalu diksh versi lengkapny
    nanti ga beli bukuny donk,
    biar lebih seru
    dan menghayati
    mending beli bukuny dech
    ….

  5. ramlah sidek says:

    Saya beli buku novel ketika cinta bertasbih ep2 ini di Batam…

    tapi halaman nya tak lengkap 15 halaman kurang….Apa tak

    ada QA nya?

  6. dhilamdr says:

    aqu udaa baca,,tpi kyknya masih nge-boom AAC ya,,yg ini mah kyk kebanyakan tokoh,,tp kang habib still da best deh,,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s