The Result

Posted: March 24, 2008 in cerita pendek, diary
Tags: , , ,

24 Maret 2008

“Nan bangun!”, kata Papah dengan rendah.

‘Nan’ adalah nama kecil gw di rumah, kepanjangan klo dibilang ‘luqman’.

“Hmmmm!”, gw ngigo.

Gw ambil hape di samping gw.

“Baru jam 3.30!”.

Gw bangun dari tempat tidur, lalu ngerubah posisi jadi duduk dan itu sambil tidur, hehehe.

“Nan bangun!”, nada si Papah jadi makin keras.

“Iya, iya!”, gw jawab setengah sadar setelah itu gw ganti posisi jadi nungging. Jam sgini emang enaknya mimpi indah.

“Bangun!!!”

Ngedenger suara si Papah yang makin kenceng, gw langsung bediri and keluar kamar. Gw liat si Papah ngelanjutin solatnya di ruang tengah.

“Subhanallah!”, lirih gw dalam hati.

Tiap malem ini lah kerja si Papah. Rasanya jarang ninggalin solat tahajud. Dan hati gw terpanggil untuk ikut apa yang Papah lakuin. Saat itu juga gw beranjak ke lantai bawah bwt ambil air wudhu.

***

Selese sarapan gw langsung ambil sepatu ke garasi.

“Tadi Mamah mimpi aneh, semoga pertanda baik!”, celetuk Mamah dari kamar.

Gw yang ngedenger itu ngucap hamdalah dalam hati. Gw ga ngerti apa maksudnya “aneh” versi Mamah, but semoga aja itu pertanda baik.

“Anan, kumaha yakin teu ka Unisba teh1?” sambung Mamah.

“Hmmm, do’akeun we mah2!”, timbal gw bingung.

Ucapan si Mamah tadi ngingetin gw sama tes yang minggu lalu gw lakuin, and  sekarang pengumumannya. Gw berharap gw bisa lolos dan memang hati gw ngerasa yakin klo gw lolos. Moga feeling gw kali ini ga salah!

Selese nerima duit bekel dari si Mamah gw langsung cau berangkat ke skul.

“Assalamualaikum!”.

“Wa’alaikumsalam!”.

***

Pelajaran demi pelajaran gw laluin. Ga seperti biasanya, gw bener2 konsen sama pelajaran yang dibawain guru. Sambil konsentrasi, sesekali gw nyuri perhatian ke jam dinding.

“Jam 9!”, ucap gw.

Beberapa menit kemudian…

“Jam 9.30!”, ucap gw lagi.

Dan beberapa detik kemudian.

“Tenenetetenenenenet …!”, jangan aneh guys, itu suara bel sekolah and artinya sekarang break dulu.

“Bil minta koin!”, pinta gw sama Nabila.

“Bentar……..nieh…semoga hasilnya memuaskan ya!”

“Heuheu, thanks Bil!”.

Tanpa dikasih tau, Nabila dah bisa nebak klo gw mau nelpon ke UNISBA tentang hasil yang gw dapet.

Nyampe di telepon koin sekolah, gw masukin koin 200 perak.

“Tut…tut…tut…”.

“Assalamualaikum, dengan Universitas Is….!” operator basa basi.

Langsung gw potong, “Waalaikumsalam, mau menanyakan hasil seleksi kemarin Pak!”

Gw pasang suara bapa-bapa, biar lebih berkesan, heuheu! Dalam hati gw deg-degan banget guys, ampe tangan gw dingin.

“Maaf Pak, mungkin sekitar 2 jam lagi Bapak bisa telepon kemari atau lihat di web site kami. Datanya sedang kami olah!”, balas operator dengan ramah.

“Oooo, begitu ya pa! Termasuk Fakultas Kedokteran?”, heran sekaligus penasaran gw.

“Iya Pak!”.

“Ya udah dech, thank yu ya Pa! Wasalamualaikum!”, gw sedikit ngerubah omongan gw.

“Wa’alaikum salam Dek, eh Pa…!”.

Saat itu deg-degan gw reda, se’enggaknya bwat saat ini!

***

Sekitar 3 jam kemudian, nomor yang ga dikenal nelepon gw. Gw ga ngehiraukan panggilan itu. Gw pandangin hape gw and gw pikir ulang, “Gimana kalo ini penting!”. Biasanya klo orang jail ga selama ini nunggu panggilannya diterima setelah itu di tutup, alias cuma Miss Call. But nomor yang ga dikenal ini terbilang lama nunggu panggilannya diterima.

Gw pijit tombol hijau, “Nan, gimana dah tau hasilnya!?”.

Setau gw yang manggil gw dengan sebutan ‘nan’ cuma sodara and beberapa sobat gw aja.

“Siiiapa ini?”, heran gw.

“Iman!”

“Oh Iman, gmana man hasil tes nya? Keterima ga?”

Gw sama Iman barengan ikut tes masuk Kedokteran UNISBA minggu lalu.

“Eh, orang nanya ko bales nanya!”

“Heuheu, maap! Luqman belum tau euy!”

“Owh, Iman ga lulus euy! No peserta luqman brapa, iman cariin!”

“Haah ga lulus!! No peserta luqman 1080243.!”, bales gw. Gw pikir Iman aja ga lulus apalagi gw! Gw jadi deg-degan yeuh.

Dan beberapa detik kemudian.

“Hmmm, LULUS nan!!!!!!!!!!!!”, geretak Iman.

“Waaaa, LULUS bener man, bcanda ya!???!!?!?”, kaget gw ini disambut sama tepuk tangan temen2 yang ngedenger teriakan gw ini.

“Beneran Nan L – U – L – U –S. LULUS! Selamet ya Nan! Semoga sekses! Assalamualaikum!”

“Thanks  Man, Wa’alaikum salam!”, dibalik seneng gw, gw bisa ngerasain kecewanya Iman. Ya, ini adalah hidup. Ada yang menang dan ada yang kalah, yang paling penting setelah qta ngerasa cukup ber-ikhtiar, serahkan semuanya sama Allah. Biar Dia yang menentukan.

Setelah percakapan di telepon tadi, temen2 jadi ribut and ngasih selamet ke Gw. Untuk yang sekian kalinya gw ngerasa bahagia banget ada di tengah-tengah mereka. And setelah ini gw bakalan sms Mamah Papah dulu trus sms temen2 gw yang dah suport gw dari jauh.

Ini memotivasi gw biar terus giat belajar untuk ngewujudin cita-cita dan harapan gw. Target selanjutnya adalah LULUS UN, LULUS TES EJU Jepang dan LULUS SPMB FK UNPAD. Semoga Allah bersama gw.

“Ya Allah jika ini memang terbaik bagiku, berilah kemudahan untukku dalam menempuhnya! Sesungguhnya Engkaulah yang Maha Berkehendak!” 

1 Gimana yakin tidak ke UNISBA?

2Do’akan sajah Mah!

Comments
  1. Arif Budiman says:

    Hehehe… Selamat ya…
    Jadi teringat kenangan dulu, dua tahun yang lalu (😥 ) saat masih berdebar-debar menunggu hasil SPMB. Dan ya, sama sih, tidak menyangka akan lulus (soalnya saat kucocokkan dengan kunci jawaban yang ada di koran, nilaiku tidak sampai passing grade). Saat tahu lulus, ya sampai jingkrak-jingkrak juga.
    Heheh, mudah-mudahan lancar semuanya…

  2. -nik- says:

    Jadi ke Unisba? Salam kenal ya…😀

Leave a Reply

