Menghargai Pemimpin

Posted: December 23, 2007 in social
Tags: , , , , , , ,

Menurut saya, bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai pemimpinnya. Suatu bangsa akan carut-marut dan terombang-ambing jika orang-orangnya masih tetap mempertahankan keegoannya hanya demi kepentingan pribadi atau kelompok.

Hendaknya kita harus mencermati kembali arti sebuah perbedaan, arti keberagaman. Perbedaan atau keberagaman janganlah dijadikan kambing hitam yang berakibat pada tindak anarkis. Keberagaman budaya, agama, status sosial ataupun perbedaan pendapat merupakan sebuah kekayaan bangsa yang bila di-manage secara baik berdampak baik pula bagi bangsa itu.

Saya menilai bangsa Indonesia masih belum bisa menghargai pemimpinnya. Dalam genggaman seorang pemimpin, keberagaman disatukan melalui sebuah kebijakan yang tentunya harus diakui sebagai keputusan bersama. Adapun bila suatu kebijakan tersebut melenceng dari yang seharusnya, hendaklah dikoreksi secara benar.

Dasar penilaian saya ini adalah sebuat pertandingan. Pertandingan yang ternilai the most favourite di negeri kita, yaitu sepak bola. Dua puluh dua pemain yang terdiri dari dua grup berbeda bermain dalam pertandingan yang dipimpin oleh seorang wasit. Dalam hal ini, wasitlah pemimpin yang menentukan kelancaran jalannya pertandingan. Saya membaca di sebuah artikel harian umum, yang berjudul “Wasit Agus Dikeroyok Pemain Persipura”. Inilah refleksi dari jati diri bangsa, bangsa yang tidak menghargai bahkan menganiaya pemimpinnya sendiri.

Akankah bangsa kita terus-terusan seperti ini? Apabila bangsa kita ingin maju meyongsong masa depan yang gemilang, maka jawabannya adalah “Tidak!!!”.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s