Tips for Green Living : After School*

Posted: December 17, 2007 in environtment
Tags: , , , ,

Guys,, hari ini gw baru gabung sama organisasi lingsungan terbesar dunia, Greenpeace. Kamu juga bisa gabung sama organisasi ini. visit http://www.greenpeace.org untuk gabung. Gw sadar sama peranan kita dalam melestarikan lingkungan. Artikel ini adalah hasil translate gw dar artikel bahasa inggris yang gw dapet dari situs Greenpeace. Untuk lihat artikel aslinya klik disini.

Setiap orang harus ambil bagian dalam memelihara lingkungan.

ini adalah berbagai macam saran yang dapat kamu lakukan,tanyalah kepada orang dewasa untuk pertolongan. Ini hanya beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk melindungi planet kita. Ini dia beberapa sarannya:

Memelihara air

save the water

  • Jangan biarkan keran terus mengalirkan air, sedangkan kamu tidak memakainya
  • Gunakan shower dengan air yang cukup untuk mengganti bak mandi.
  • Gunakan saja mesin cuci piring dan jangan lupa mencuci mesinnya jika penuh.

Menghemat Energi

  • Menyalakan lampu ketika dibutuhkan saja dan matikan jika tidak diperlukan agar menghemat energi.
  • Hindari pemakaian kendaraan pribadi. Berjalan, bersepedah, memakai angkutan umum bila memungkinkan.

school bus

  • Atur perjalanan bus sekolah. Rencanakan rute yang dapat membawa temanmu untuk pergi sekolah.
  • Tutup pintu keluar dan jendela selama musim dingin -matikan api jika terasa panas.
  • Biarkan gorden terbuka di siang hari agar panasnya masuk ke rumahmu dan tutup di malam hari untuk mempertahankan panasnya.
  • Gunakan sweeater untuk mengganti alat pemanas.

Mencegah Pembuangan dan Racun

  • Pikirkan cara untuk menggunakan kembali (reuse) barang sebelum kamu membuangnya.
  • Gunakan kertas daur ulang (recycle) sebagai pengganti prosuk plastik.
  • Habiskan sisa makanan sebelum kamu membuangnya.
  • Membeli produk dengan pengepakan yang paling sedikit (karena mengandung banyak bahan plastik).
  • Memberikan pakaian bekas (yang masih layak pakai) daripada kamu membuangnya.
  • Memanfaatkan perpustakaan umum untuk buku dan majalah dan memberikannya (buku, majalah) jika kamu telah selesai membacanya.
  • Pakai tas punggung ketika kamu berbelanja, hindari penggunaan tas plastik (kresek).

Memberi Kepada Bumi

  • Tanam pepohonan. Pepohonan dapat menyimpan dan mengolah banyak karbon dioksida (CO2) dan memproduksi oksigen (O2) sewaktu membersihkan udara yang kita lepaskan. Mulai menanam benih di ruangan dan tanam ketika musim panas. Benih memerlukan banyak perawatan pada dua tahun pertama, meliputi air, pertumbuhan dan humus. Jadi kamu dapat melihat pertumbuhan pohon dan menyimpanya pada daur alam.

burung

  • Gunakan kardus susu bekas (atau yang lainnya) untuk membuat tempat makanan burung. Kamu dapat melihat burung datang menyambut makanan tersebut. Burung tersebut akan kembali ke rumahmu untuk makan di lain waktu.

Di Sekolah

Menjaga planet ini dapat kamu lakukan dalam kehidupan sehari-hari kamu di sekolah. Ini adalah beberapa ide untuk diperkenalkan pada teman dan gurumu di tengah kesulitan dalam menjaga planet ini :

  • Mengemas sampah makan siang, dan simpan untuk dapat digunakan kembali.
  • Sebelum membeli kebutuhan sekolah di bulan September, lihat kembali apa yang kamu punya pada Juni (ini hanya sebagai contoh).
  • Mulai kampanye anti sampah di sekolahmu.
  • Bergabung dalam kelompok lingkungan, dimulai pada dirimu sendiri.
  • Buat penelitian tentang lingkungan di sekolahmu.
  • Gagaslah proyek lingkungan dengan teman dan gurumu. Kamu dapat membersihkan lapangan sekolah, sungan atau lainnya.
  • Meminta tidak mencemari lingkungan disekolahmu. Mempelajari peralatan kebersihan sekolah, aturan, dan lainnya. Diskusikan dengan kelompok lingkunganmu dalam hal ini.
Comments
  1. rizal says:

    tp kata gw mah, masi da yg kurang man, 3M nya AA Gym..
    ntu yg paling dasar..

  2. rizal says:

    btw,, klo ikutan greenpeace bayar ga?
    soalny gw jg pnah diajakin, tp tiap bln harus byr,, alias jd donatur..
    sebulan hrs byr 50rb..
    tp klo dah ga bminat bisa brenti kq..
    pembayarannya online..
    klo kmu gt ga?

  3. heroes says:

    iya tuh skr harus bayar 75rb malah sekarang!!

    makin ga kretif kata gw sih masih bagusan MTV program nanem pohon trus dikasi nama trus di foto …..kirim ke yang ngirim duit….green peace mata duitan kali harus bayar jadi ga kreatif

    kita dukung greenpeace….
    tapi persoalannya kalo ada yang niat dia ga mampu bayar sedangkan jasa dia secara ide bisa bantu greenpeace dalam 5 mnt slesai semua persoalan gmn coba??? fuck lah greenpeace ga ada idenya…..
    cuma bisa morotin donatur……
    coba aja pikir sendiri…. greenpeace masa ga kepikiran si buat nyari dana lewat jualan tanaman….jualan obat obatan…jualan karya penampung sampaH organic…jualan macem2 lah…… ga usah morotin org!!!! buat jadi donatur….

    akhirnya gua sadar greenpeace cuma gede di media doang tapi ga punya ide!!!!

    huh!!!!!!!!!!!!!! kalo…..50rb-75rb gua sanggup nanem bibit jadi hutan….. beli aja bibit pohon sendiri……. kata salesnya dananya buat brangkatin team…. sedangkan kita yang bayar ga dapet apa2!!!
    malah tidak di ikut sertakan malah!!!

    greenpeace koyo rampok bank kata gua sih….. jadi motif terselubung……. ga ada pikiran buat nguarin produk jual……. ga asik! huh….. cuma koyo ceramah lingkungan doang!!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s