TRAVELERS’ TALE Belok Kanan: Barcelona!

Posted: October 31, 2007 in book
Tags:

Judul Buku          : TRAVELERS’ TALE Belok Kanan: Barcelona!

Penulis                 : Adhitya Mulya, Alaya Setya, Iman Hidajat, Ninit Yunita

Penerbit              : GagasMedia

Distributor          : TransMedia

Tebal Buku          : x + 230 halaman

Tahun Terbit      : 2007

Novel yang dituliskan oleh empat orang sekawan yang menceritakan perjalanan empat orang sekawan dari empat penjuru mata angin –utara (Denmark), barat (Vietnam), selatan (Afrika Selatan), timur (A.S.)- menuju satu tempat, Barcelona!!!Sebuah traveling yang terselip dalam kisah cinta.

Mereka berteman sejak SD, berlanjut ke SMP sampai SMA. Namanya Francis, pusat masalah dalam novel ini, seorang pianis yang saat ini tinggal di Kansas City , A.S.. Dia sering berkelana ke tiap Negara untuk suatu pagelaran atau sekedar acara yang menginginkan jemarinya menari diatas tuts piano. Yang kedua, Retno, lengkapnya Retno Wulandari. Pernah dua kali –bahkan akan tiga kali- menolak Francis. Alasannya, perbedaan agama! Sangat logis! Sekarang dia menjadi staf di KBRI Kopenhagen, Denmark. Yang ketiga, Jusuf. Seorang pecinta gadis yang mencintai lelaki lain. Gadis itu bernama Farah dan lelaki itu tak lain adalah Francis. Sekarang dia bekerja pada sebuah perusahaan kirim surat di cabang Cape Town, Afrika Selatan. Dan yang terakhir, Farah, gadis yang menghubungkan kisah cinta Francis dan Jusuf – dua lelaki ini bukan gay lho! Saat ini dia bekerja di Vietnam.

Awal mula konfliknya, saat Francis mengirim undangan lewat e-mail pada ketiga sahabatnya bahwa 30 hari lagi dia akan menikah dengan seorang gadis Spanyol, Inez Alegria De La Pena. Tentu saja ini mengejutkan mereka, alasan cinta membuat mereka bertarung untuk menghadiri – lebih tepat mengacaukan- pernikahan itu. Selama tiga puluh hari setelahnya , perjalanan yang bernilai pengalaman berharga dengan melewati berbagai Negara terjadi, menuju satu tempat, Barcelona, dimana Francis dan Inez melangsungkan pernikahan.

Saat keempat orang ini bertemu di Barcelona, peluk hangat bercampur ocehan tentang pengalaman berbaur melepas kerinduan. Tetapi ini tidak berlangsung lama. Setelah Farah berteriak, “FRANCIS, GUE SAYANG SAMA ELO.”, hal yang ingin diungkapkannya sejak dulu. Francis, Jusuf, Retno terdiam kaku. Francis lalu mengatakan bahwa dia telah membatalkan pernikahannya dengan Inez demi RETNO. Masalah belum cukup sampai diitu sebelum Jusuf mengatakan kepada Farah hal yang serupa dengan apa yang Farah katakana pada Francis. Sebuah tirai kuat membuat Retno menolak untuk yang ketiga kalinya. Dan ketulusan Jusuf akhirnya meluluhkan Farah.

Francishanya dapat menjalani kisah dengan Retno dalam hubungan persahabatan saja. Dan Jusuf menggapai mimpinya bersama Farah, MENIKAH!

Narasi yang mempunyai kekuatan persuasif. Sehingga selesai membaca novel ini kamu akan berhasrat –atau semakin berhasrat-  untuk menjadi seorang backpacker sejati yang berkelana menelajahi dunia. Ceritanya terpotong-potong oleh kisah – lebih tepatnya pengalaman- dari masing-masing tokoh. Sehingga sedikit sulit untuk dipahami dengan alur novel. Namun, itulah keunikan dari novel ini, pengalaman berharga dari masing-masing tokoh dituliskan secara menarik dengan menambahkan imajinasi yang menggelikan, menegangkan sehingga kamu akan larut dalam suasana, ditambah di dalamnya terdapat petunjuk yang bermanfaat bagi para traveler.

Comments
  1. belom baca…bagus ya??? salam kenal, thx udah mampir ke onlysenja

  2. CIAO ITALIA! says:

    Ciao Italia: Catatan Petualangan Empat Musim
    Penulis: Gama Harjono
    Penerbit: Gagasmedia, 2008

    Sinopsis
    Apakah berkeliling Eropa salah satu impianmu? Atau bersekolah di luar negeri dan bergaul dengan teman-teman baru yang selalu haus petualangan? Buku ini mengajakmu untuk melewati ruang-ruang kelas universitas di Italia, galeri seni ternama, sampai pesta-pesta mahasiswa Eropa yang seru.

    “Ciao Italia” akan membawamu menikmati tempat-tempat di pelosok Mediterania, mulai dari kota metropolis berusia lebih dari dua milenium hingga desa terpencil yang menyimpan banyak harta karun seni dan kejutan tak terduga (buktikan dengan foto-fotonya yang fantastis). Plus tip backpacking ekonomis: mendapat akomodasi gratis di Eropa, mencari tiket, hostel dan makanan murah selama perjalanan.

    Setiap kisah dan suka-duka saat berusaha mengenal Italia, ditoreh dengan sebuah kejujuran dari seseorang yang akhirnya terlalu mencintai negeri Pasta ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s