Edensor

Posted: October 31, 2007 in book
Tags:

 

Judul Buku          : Edensor

Penulis                 : Andrea Hirata

Penerbit              : PT. Bentang Pustaka

Distributor          : Mizan Media Utama

Tebal Buku          : xii + 290 halaman

Tahun Terbit      : Mei 2007

 aku ingin mendaki puncak tantangan, menerjang batu granit kesulitan, menggoda mara bahaya, dan memecahkan misteri dengan sains.aku ingin menghirup berupa-rupa pengalaman, lalu terjun bebas menyelami labirin lika-liku hidup yang ujungnya tak dapat disangka.aku mendamba kehidupan dengan kemungkinan yang bereaksi satu sama lain seperti benturan molekul uranium : meletup tak terduga-duga, menyerap, mengikat, mengganda, berkembang, terurai dan berpencar ke arah yang mengejutkan.aku ingin ke tempat-tempat yang jauh, menjumpai beragam bahasa dan orang-orang asing.aku ingin berkelana, menemukan arahku dengan membaca bintang gemintang.Aku ingin mengarungi padang dan gurun-gurun, ingin melepuh terbakar matahari, limbung dihantam angin, dan menciut dicengkram dingin.aku ingin kehidupan yang menggetarkan, penuh dengan penaklukan.aku ingin hidup!ingin merasakan sari pati hidup!(Edensor, hal 42) 

Adalah buku ketiga dari Tetralogi Laskar Pelangi. Inspirasi Andrea Hirata (penulis) datang dari pengalaman menempuh studi master of science di Universite de Paris, Sorbonne, Perancis dan Sheffield Hallam University, Inggris. Edensor merupakan karya sastra bergaya saintifik sesuai dengan kegemaran penulis pada bidang fisika, kimia, biologi, astronomi dan tentunya sastra.

 “Desa khayalan itu (Edensor-res) seakan membuka jalan rahasia dalam kepalaku, jalan menuju penaklukan-penaklukan terbesar dalam hidupku,untuk menemukan A Ling, untuk menemuka diriku sendiri.” (Edensor,hal 162) 

Ikal, begitu nama panggilan Andrea, tokoh utama dan penjelmaan penulis dalam novel, adalah seorang pemuda yang tak kenal lelah mendapatkan sari pati dalam hidupnya. Ia selalu ditemani Arai, sepupu jauh sekaligus sahabatnya sejak kecil, dalam perjalanan hidupnya. Cintanya hanya untuk Njoo Xian Ling atau A Ling, gadis mandarin yang dia kenal ketika ia beranjak dewasa.

Pengembaraan terbesar hidupnya akan dimulai ketika Ikal dan Arai mendapatkan beasiswa Uni Eropa untuk melanjutkan studinya ke Universite de Paris, Sorbonne, Perancis.

Mimpinya untuk berkelana menaklukan dunia membuat Ikal dan Arai bersaing dengan teman-teman satu kelasnya untuk menjelajahi Eropa dan Afrika. Dengan bermodal keberanian, mereka mencari uang sebagai seniman jalan, sambil berpindah-pindah dari negara satu ke negara lainnya.

Sari pati kehidupan mereka dapatkan. Kelaparan, dirampok, diusir, terlunta-lunta mereka hadapi. Bagi mereka, hidup haruslah penuh tantangan dan gelegak mara bahaya. Melepuh terbakar panas matahari, limbung dihantam angin, dan menciut dicengkram dingin. Sungguh merupakan penaklukan yang luar biasa!

Cinta antara Ikal dan A Ling begitu kuat. Disamping mengejar impiannya akan pencarian diri, Ikal mengejar cintanya bersama A Ling, ia terus mencari dan mencari dimana A Ling berada. Walaupun…pada akhirnya pencarian itu mengajarkan ia pada suatu hal.

 “Jika kita sekuat tenaga menemukan sesuatu,dan pada titik akhir upaya itu hasilnya masih nihil, maka sebenarnya kita telah menemukan apa yang kita cari dalam diri kita sendiri, yakni kenyataan, kenyataan yang harus dihadapi sepahit apapun keadaannya.”(Edensor, hal 266)

Sudah empat puluh dua negara dilalui, Ikal dan Arai kembali dan memenangkan persaingan dengan teman-temannya. Mereka pun kembali fokus pada studinya. Tapi Arai harus pulang ke tanah air karena keadaan kesehatannya yang buruk, dan Ikal harus pindah ke Sheffield Hallam University, Inggris, untuk kepentingan risetnya.

Dan di tempat barunya, sebuah tempat tak jauh dari Sheffield, dia menemukan desa yang dia anggap khayalan yang telah membuka jalan rahasia, jalan menuju penaklukan-penaklukan terbesar,untuk menemukan A Ling, untuk menemuka dirinya sendiri. Ia temukan satu mozaik dalam kehidupannya, Edensor…………!

Novel ini sangat menggugah semangat kita akan keberanian bermimpi, pembuktian dari kekuatan cinta dan pencarian diri dalam kehidupan yang bergelombang penuh dengan tantangan dan gelegak mara bahaya.

Comments
  1. tie,,, says:

    tie bener-bener kagum and terinspirasi sama buku nie,,
    seorang anak kampung aja bisa ngewujudin mimpinya,, bahkan lebih dari itu,,
    kayanya musti fight banget yah buat ngedapetinnya
    petualangannya keliling dunia itu loh,, bener-bener bikin tie jealous abizz,,
    he,,he,, iri,, apalagi tie mah dikungkung di garut,,

    bagian yang paling tie suka, waktu akhirnya dia bisa nemuin desa EDENSOR,,
    edun!!!!!!! khayalan bisa jadi kenyataan , coy!!!
    sumpah!!! keren pisan!!!

  2. wah buku ini bagus sekali
    musti beli nihh

    yudi

  3. afra says:

    di antara semua tetralogi yang udah terbit, edensor yang paling kusuka….
    keren banget xd petualangan keliling eropa-afrikanya..
    salut buat Andrea Hirata..

  4. […] afra on Edensor […]

  5. Lely Rosdiawati says:

    bagian yg bagus dari trilogi laskar pelangi,tetep yg paling bagus Laskar Pelangi ,disini andrea bener2 sangat terinspirasi kenangan masa kecil…i love that

  6. rendy says:

    wooooww..it is wonderful

  7. primbon says:

    oh my good how wonderful….

  8. Ikem says:

    Edensor,is very very beautiful’s novel….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s